Ujian dari Allah




Siapa yang berjalan untuk mencari ilmu 1 kilo, maka allah akan mudahkan jalan kita ke surga minimal 10 kilo.. Kenapa 10 kilo? Karena allah ngasih minimal 10 kali lipat kebaikan yg kita lakukan didunia.. Sehingga balasan itu tergantung tingkat kesulitan dalam beramal, Allah bersabda,. sampaikan berita gembira bagi orang2 yang beriman, bahwa bagi mereka akan diberikan surga yang sangat luas, karena surga yang paling kecil aja luasnya 10 kali lipat kerajaan terbesar di dunia. 
Allah swt akan menolong hambanya dengan 2 tahapan (misal kalo di UGD kan ada pertolongan pertama, hanya untuk buat dia bertahan, belum sampe drop, lanjut ke pertolongan yg lebih dalam, penanganan2 medis dll) :nah Allah swt juga menolong kita kek gitu : 
Pertama, ketika seorang mukmin mendapat ujian, Allah pertama kali menolong hatinya, dan ini adalah pertolongan yg paling luar biasa dari Allah, kita berdoa pada Allah, kok allah kayaknya belum menyelesaikan mslah kita ya dll, jangan sampai kita suudzon sama allah, kok orang itu udah rajin sholat malem dkk, kok hidupnya masih gini2 aja, kok orang hijrah malah hidupnya makin susah, kayaknya allah gk rela nih aku jadi orang bener, mana janji allah? Kemudian persepsi, gimana cara allah bisa menerima kita? Sehingga allah menolong pertama kali adalah dengan memikat hatinya, karena manusia selalu ada masa-masa diuji, ketika kita sudah melewati masa masa ujian, kita akan melewati masa masa kemudahan.. Kalian hanya begini saja pengen masuk surga? Padahal kalian belum ada diberi ujian, dan padahal sebelum kalian ada orang orang yang diberi ujian sampai ujian fisik yang sangat mengerikan.. Paling kita di uji fisiknya sakit, demam dll, nggak sampe kita diuji sampe seperti orang orang di suriah, di palestina dll yang sampe kepala hancur dll.. Ujian kita lebih ringan, padahal ada ujian diluar sana lebih besar pdahal mereka lebih sholeh daripada kita.  Ba'sa : ujian fisik.. Selanjutnya Dhor'ok : ujian harta, yang awalnya sering jalanjalan skrng kekurangan banget dll. Contoh di kisah khadijah, yg pertamanya kaya, langsung jatuh miskin.. Gk hanya kita yg kena ujian, yang lain juga kena ujian bahkan lebih besar daripada kita padahal mereka, yang paling beriman, yang paling berat apa? Ujian perasaan, contoh nya kisah nabi yang sakit hati karena anaknya dicaci makin oleh anak2 abu lahab, sehingga nabi berdoa untuk allah mengirimkan serigala untuk anaknya abu lahab (panjang cerita tengok kisahnya).. 
Memangnya manusia dengan mudahnya bilang saya pengen hijrah, terus lancar lancar aja? Allah akan selalu menguji terlebih dahulu hamba hambanya yang disayang, pengen tau kita itu sabar apa nggk.. Karena allah itu maha baik, allah ngeliat pengalaman hidup yang pahit. Nb : Jadi kalo cewe nyari imam yakni yang bisa ngimamin sholat tahajut, nah tapi kalo cowo nyari cewe yang bisa bangunin sholat tahajud, karena dibangunin sholat tahajut sama alarm itu gk enak, kalo dibangunin sama istri malah gk bangun kwkw. 
Allah memberikan pertolongan pada saat kita baru dikasih ujian, nahh cuman pertolongan allah itu beda2..
Kalo udah di kasih pertolongan hati, minimal yg dulunya ketika berbuat dosa malah bangga, skrng timbul malu, walaupun tetep berbuat dosa. 
Stelah itu allah akan mencabut ujinnya, dan memberinya jalan keluar (surat al anfal-gimana cara Allah nolong orang yang sedang diuji) cerita perang badhar menceritakan istighosa, tarik menarik antara malaikat dan setan- Berdoa, sudah tenang, resah lagi, ditenangkan dengan cara ditidurkan, tapi setan tidak menyerah, kemudian di berikan mimpi basah oleh setan, kaum muslim kemudian resah kmudian allah turunkan air hujan dari langit,  allah ingin mengikat hati kalian. Dan hidup kita ini bukan hanya sekedar perang badhar, ini merupakan gambaran, bahwa allah akan menolong hati terlebih dahulu.. Pahamilah itu, jangan sampai salah paham pada allah, bahwa allah gk denger sama doa kita, kalo kita diberi ujian jangan sampai kita merasa paling buruk, karena allah selalu bersama dengan orang-orang yang diuji. Jangan sampai ilmu yang kita dapat hanya untuk bahan perdebatan dan hanya menambah wawasan, tapi juga untuk menambah keimanan bagi kita dan meningkatkan kecintaan kepada islam dan Allah swt.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indahnya hubungan antara Sains dan Islam

Nicotiana tabacum L.

Saccharum officinarum L.